Vida Fest, festival asik di Bekasi

10.50.00 Unknown 0 Comments

Beberapa hari lalu saya datang ke sebuah Festival yang sangat berkesan. Bicara Festival Kuliner yang ada dibenak kita pasti semua tentang makanan, Music Fest  bisa ditebak bakal ada perform penyanyi atau anak-anak band, Fashion Festival ya hunting fashion brandead atau produk Distro, sedangkan Festival Gadget ya cuci mata produk-produk baru Smartphone ataupun komputer. 

Festival yang saya kunjungi kemarin bertajuk “VidaFest 2016” 


Bersama suami  kami  segera meluncur kesana saat tepat di awal Jl. Narogong Raya (kebetulan arah dari rumah adalah dari exit Tol Bekasi Barat), GPS  saya entry point  ke perumahan Vida Bekasi, Gak ribet Cuma lurus aja gak pake belok-belok dan tidak lama Audio Info GPS udah berbunyi “Arrive Your Destination”. Memang bener-bener deket ternyata cuma sekitar kurang lebih 10 kiloanlah dari exit Tol Bekasi Barat. 

Setiba dilokasi di Gerbang Utama yang diberi nama InSitu kesan pertama adalah sebuah lahan luas kosong dan danau yang akan dibangun sebuah perumahan, Keramaian sudah terlihat dari tempat kami memarkirkan kendaraan beberapa tenda dan bangunan tampak ramai orang silih berganti memasuki tempat-tempat tersebut.



Setelah cari tahu info ternyata VIDA FESTIVAL 2016 adalah kali kedua (sebelumnya tahun 2015) yang diselenggarakan oleh pengembang property Gunas Land yang saat ini sedang mengembangkan kawasan perumahan terpadu di Vida Bekasi. Walaupun Festival ini diselenggarakan oleh perusahaan property tapi justru bukan ajang pameran perumahan. 

Tema yang diambil dari kegiatan ini adalah Angin yang merupakan salah satu bagian dari element alam semesta yakni Udara, Air, Bumi dan Api. Kenapa tahun ini mengambil Angin, karena filosofinya Angin yang terus Bergerak aktif dan menarik tentunya. Ini dapat dilihat pada saat tiba dilokasi tampak Kincir Angin Besar sebagai symbol tema tahun ini berdiri kokoh menyambut para tamu Vida festival yang datang..


Petualangan pun dimulai dan acungan jempol dari saya sebagai warga Bekasi buat penyelenggara adalah dilibatkannya komunitas-komunitas lokal setempat warga Bekasi di ajang yang keren ini untuk menampilkan potensi, kreasi dan promosi tentunya. 




Seperti yang saya temui disana seperti Artheraphy Movemonet dengan pameran karya-karya seni yang menarik, Genus Organik, Taman Baca Umi yang saat saya disana ramai dengan anak-anak yang sedang sibuk membaca atau membuat prakarya,  Fram4Life dan, Bekasi Berkebun buat yang hobi bertanam, Javara, para pahlawan Bekasi yang perduli akan Sampah kota Bekasi di Waste4Change, dan Komunitas Drone Bekasi dan Bekasi Tugu Skateboard yang membuat saya menyesal tidak mengajak anak lanang kami, karena dia suka dengan dua hoby tersebut. 




Ada satu yang menarik juga disana ada Kedubes Bekasi sebuah Komunitas anak muda yang gencar dan bangga mempromosikan kotanya Bekasi, dan sebagai orang  Bekasi saya sempatkan untuk membuat Paspor di kedutaan Bekasi tersebut menandakan saya sah menjadi Warga Negara Bekasi hehehe.


Setelah menyusuri tenda Komunitas saya menuju sebuah fasilitas baru di perumahan Vida Bekasi yakni Little Talk sebuah kedai Kopi yang tempatnya cozy, warming banget untuk kongkow. Tapi jangan salah selain tempat hangout Litle Talk sesuai arti namanya bisa juga loh diperuntukan untuk acara Talk Show, Diskusi, Bedah Buku, Coaching Clinic, bahkan Screening Film Indie buat Sineas muda Bekasi atau ngomongin Vlog.



Di Little Talk banyak sekali ilmu yang saya dapatkan disana karena kebetulan salah satu acara Vida Fest mengundang beberapa orang yang pengalaman dibidangnya sharing dengan para pengunjung seperti Farm4Life dan Genus Organik yang telah memberikan ilmu pada kami bagaimana menjadi Urban Farming, 

Mereka bersama para petani saat ini tengah mengelola 2 hektar tanah di Vida Bekasi dengan menanam sayur dan buah tanpa pestisida melainkan dengan kompos yang bekerjasama dengan Waste4Change yang mengubah sampah menjadi kompos untuk tanamanan, yang hebatnya buakan cuma sekedar menanam yang mereka pikirkan tapi juag menyalurkan hasilnya yang bekerjasama pula dengan Jawara Food Hall yang lokasinya tidak jauh dari Vida Bekasi kamipun diberikan beberapa contoh hasil tanaman mereka seperti bunga pacar air, bunga telang, cambah bunga matahari, marigold, coriander (ketumbar) dan pak coy yang siap dikonsumsi. .   



Sebagai seorang Kopi Addict sepertinya saya sedang beruntung karena masih di Little Talk ada Coffe Testing dimana hadir Bung Samuel seorang Barista, sebuah profesi yang sebenarnya saya idam-idamkan sejak kuliah dulu,  Di sesi ini saya mendapatkan ilmu bagaimana cara memilah, menggerus kopi, meracik, hingga menyeduh kopi yang baik dan benar atau istilahnya cupping kopi. 


Tidak berhenti disitu saja keseruan saya di VidaFest 2016 karena saya merasakan sensasi yang seumur-umur belum pernah saya lakukan sejak saya bayi hingga mempunyai anak seperti saat ini, “Hore... Naik Odong-odong!!!” 

Ya kami berkesempatan keliling di  kawasan Vida Bekasi yang luasnya 130 hektar yang  dibagi menjadi dua district yaitu Bumiwedari District yang terletak di bagian Barat dan Bumipala District. terletak di bagian Timur atau pintu masuk utama saya tadi.

Kami diajak berkunjung ke kebun Farm4Life yang berada di area Bumipala disana kita bisa melihat kegiatan para “petani kota” yang sedang melakukan kegiatan bertanam yang biasanya hanya bisa kita lihat dipedesaan, dan tidak jauh dari situ ada tempat pengolahan limbah sampah sendiri dengan konsep memilah jenis sampah yang ada, Wah bangga menjadi warga Bekasi karena mempunyai area penelolaan sampah sendiri.





Oh ya selain saya ingin meyaksikan kegiatan VidaFest 2016 saya juga ada misi untuk mencari tahu hunian di Bekasi yang rencananya untuk rekomendasikan untuk kedua adik saya yang saat ini bekerja di luar negeri yang berencana mencari rumah di daerah Bekasi agar kami bersaudara bisa selalu dekat. 
Dan sepertinya Hunian di Vida Bekasi ini oke banget dengan konsep Tropical Urbanism dimana Bangunannya didesain beradaptasi terhadap iklim yang ada disana dan menciptakan lingkungan hidup yang berkualitas (quality of life) bagi para penghuninya, Untungnya  Warga yang tinggal di Vida Bekasi tidak perlu jauh-jauh keluar kawasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,  Karena beragam fasilitas mulai dibangun.
Seperti di distrik Bumiwedari ada Binus School Bekasi dan area komersial Saraswati Sembilan. Sedangkan di Bumipala ada Area komersial, Arena Sports Club dan  Jawara Food Hall yakni  rencananya menjadi pusat kuliner pertama di Bekasi yang menawarkan konsep farm to table berupa olahan hasil kebun yang langsung disajikan. Jadi yang mau makanan segar dan fresh tempa ini bakal cocok dengan kalian



0 comments: