Buah Kesa

Beberapa hari yg lalu aku ke Karawang, krn via tol maupun jln Raya Bekasi pantauan gmaps nya merah, aku lewat Tambelang. Bekasi pelosok2 gitu, lewat Gabus, Muara Belacan dst.

Di jalan pelosok Bekasi itu (Kabupaten tentunya 😂) aku nemu buah lucu, warna kuning. Karena penasaran kubelilah.
"bu, ini buah apa?
"namanya buah kesa neng"
"cara makannya gimana?"
"ya langsung aja dibelah, terus dimakan"
"kulitnya juga dimakan?"
"lah? Ya kagak"
Lalu si ibu penjual memberikan tatapan mencela, seolah berkata "begok banget ni orang" 😂
"Nih neng, dibengkek pan kebelah dua yak, dimakan dalemnyah"
"Oh, ok 👌"

Setelah kucoba, rasanya ternyata mirip ubi rebus. Dan hasil googling, buah ini sering disebut juga sawo mentega.
Warnanya yang kuning dan sering tersisa menempel di gigi membuat secara kelakar disebut sebagai buah Jigong.

Kayak gini nih buahnya.


Buah Kesa kaya akan kalori, karbohidrat/zat tepung, serat. kalsium, fosfor, karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin C. Kandungan ini membuat buah ini disebut-sebut sebagai alternatif pangan.

Wan Gobel Express, fast and fun way to Gili Trawangan

Gili Trawangan, salah satu dari beberapa gili atau pulau kecil di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau indah ini, duduk duduk santai di pantai,


Jajan Di Planet Bekasi

Sejak tahun 1984 saya hijrah dari Jakarta menetap di Bekasi hingga kini, banyak cerita dan kesan terhadap kota berjulukan kota Patriot ini. Walau banyak orang membuat ledekan bahwa Bekasi terletak di Planet lain karena imbas dari macetnya tiap hari. Namun saya tetap aja bangga sama ini kota karena awal nyari duit juga di kota ini cuap-cuap sebagai penyiar radio.

Mira Sari

Aku certain tentang Restoran Sunda paling enak sedunia Mira Sari di jalan Raya Puncak no 238 Cibogo, Bogor.
Resto ini sudah ada sejak tahun 1975, dan sejak aku kecil, sering mampir sini, sehingga makanannya sekarang jadi comfort food. 




Restoran ini menjadi bench mark buat aku untuk masakan Sunda. Yg diandalkan adalah bahan2 segar dan terbaik. Ga akan ada gurame bau tanah atau aroma minyak lama di gorengannya. 
Masakannya juga enak. Sayur asemnya selalu tersedia segar, bukan yg asem karena terlalu lama dipanaskan. 



Peda tumis pete, petenya al dente dan masih crunchy. Dan sambelnya! Sambelnya enak banget. Bukan cuma rasa cabe yg overpower, tapi full balance. 








Aku kalo kesini pesan lalabannya cuma daun poh poh an yg dipetik langsung dari pagar.  Pernah juga aku minta buat aku tanam di Bekasi. Mati.




Jadi kalo tuan dan puan ada rencana jalan-jalan ke Puncak, bolehlah restoran ini disambangi, dan cobalah kelezatan paripurna restoran Sunda legendaris ini 

😕