Vaksin, seberapa penting sih?

15.26.00 Unknown 0 Comments

Jika orang seperti Edward Jenner (penemu vaksin cacar air), Jonas Salk (penemu vaksin Polio)  atau Louis Pasteur (penemu vaksin rabies) masih ada di tengah-tengah kita, pasti mereka bahagia. Sebab penemuan mereka sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh umat manusia.


Melalui penemuan merekalah penyakit yang disebabkan oleh virus dapat dihindari. Dengan vaksinasi,  tubuh menghasilkan anti bodi untuk melawan serangan virus.sehingga kita menjadi kebal terhadap infeksi pathogen, bukan hanya dalam beberapa waktu saja, bahkan dikemudian hari hingga beranjak dewasa.Kalaupun terserang penyakit. Tetapi biasanya penyakit timbul dalam bentuk yang lebih ringan dan berlangsung lebih singkat.


Jadi sebagai seorang Ibu saya sangat merasakan jasa-jasa mereka melalui pertumbuhan anak saya saat ini.

Kebayang jika vaksin tidak ditemukan betapa sulitnya manusia untuk melangsungkan hidup di zaman yang rentan akan segala jenis penyakit.

Selain pola hidup, makan, mutu udara dan air yang gampang terkontaminasi oleh berbagai macam virus yang efeknya beraneka ragam seperti cacat bahkan kematian.

Bicara soal program vaksinasi di Indonesia, boleh dibilang saat ini sudah cukup berhasil.  Pemerintahan dan rezim boleh silih berganti, namun program pemerintah di bidang kesehatan khususnya program Imunisasi selalu berkelanjutan dan berkesinambungan.

Apalagi saat ini beberapa pihak swasta telah turut ambil bagian di dalamnya dengan satu tujuan demi proses tumbuh kembang anak-anak Indonesia yang optimal melalui Imunisasi yang lengkap.

Dalam perjalanannya sosialisasi Imunisasi tidak selalu mulus dan lancar, karena pasti ada saja riak-riak pertentangan melaui opini negatif yang selalu terhembus dari efek vaksin yang dapat melumpuhkan bayi, bahan dasar vaksin yang tidaklah halal, bahkan isu vaksin adalah bentuk konspirasi suatu golongan untuk menyerang dan melumpuhkan generasi umat salah satu agama.

Namun semua ini menurut saya sekali lagi kuncinya adalah di “Sosialisasi” karena saat ini masyarakat kita sudah cukup cerdas untuk memilah informasi yang benar dan bermanfaat bagi dirinya atau informasi yang menyesatkan. 

Ditambah dengan kemajuan teknologi saat ini membuat kita sangat mudah untuk mencari tahu Informasi apa saja yang saya butuhkan, kita tingal search kata kunci maka kita mendapatkan jawabannya pada saat itu juga.
         
Baru-baru ini saya mendapat berbagai macam informasi tentang penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi, pengetahuan tentang value of vaccines, serta fitur vaccine reminder (pengingat vaksinasi) yang sangat berguna sekali untuk mengingatkan jadwal vaksinasi selanjutnya di www.myvaccination.com

Dan dari portal inilah saya lebih banyak tahu bahwa beberapa macam penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi seperti diare rotavirus, pneumokokus, kanker serviks, dan masih banyak lagi. 
Tapi yang paling menarik adalah vaccine reminder, yakni jadwal vaksinasi  yang direkomendasikan Satgas Imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia).      

Selain itu sebagai penggiat social media saya juga terbantu dengan update informasi  Facebook Fan Page Smart Parents ID dan akun Twitter @SmartParentsID karena disela-sela waktu saya dengan membaca status atau timeline kedua akun tersebut, Berbagai informasi dan edukasi lengkap tentang Vaksinasi dan kegunaannya serta berbagai penyakit yang dapat kita hindari melalui Vaksinasi.

0 comments: