Jajan di Kediri

16.47.00 Febry Meuthia 0 Comments


Malam Tahun Baru 2020 yg lalu, saya bertugas menjadi show director pertunjukan malam pergantian tahun di Kota Kediri. Dan seperti sebelum-sebelumnya, beberapa hari jelang acara, kami (kebetulan suami juga bertugas acara yg sama di panggung berbeda di Kabupaten dan si anak lanang yg sedang libur ikut) sudah berada di kota Gudang Garam ini.
Saya catatkan beberapa kuliner yg kami datangi selama berada di sana.


Di jln Yos Sudarso, tempat pusat oleh2 khas Kediri, persis di depan Klenteng Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong, ada warung Bakmi Jowo enak, dimasak dgn tungku arang. Menu kami malam itu, Nasi Goreng, Bakmi Godog dan Krengsengan ayam. Dengan dua es jeruk dan satu es teh tawar. Total yg dibayar untuk semua 70 ribu saja.




Di jln Semampir Tengah 1, ada warung yg menjual jajanan khas Sidoarjo, Lontong Kupang. Meski bukan di daerah asalnya, tapi Lontong Kupang di Semampir ini boleh diadu dgn yg di Sidoarjo. Dua mangkuk Lontong Kupang, dua gelas es cao (cincau dgn gula jawa) plus 12 tusuk sate kerang, cukup dibayar 54 ribu rupiah saja.




Di jln Sudirman, terdapat sentra kuliner di Aloon aloon Kota Kediri. Makanan yg dijual antara lain nasi pecel, pecel lele dan sejenisnya. Di jalan ini juga terdapat kuliner legendaris yg buka 24 jam, Sate Siboen. Sate Siboen yg sudah berdiri sejak tahin 1937 ini sate ayam gagrak Ponorogo, dgn potongan ayam yg lean, bumbu kacang yg halus plus potongan cabe dan bawang yg terpisah. Seporsi sate dihargai 25rb, kami pesan yg daging seporsi, campur kulit seporsi dan dua lontong, dua teh manis hangat, total bon 68rb.





Di jalan Dhaha, depan hotel Grand Surya, ada Warung Soto yg juga legendaris. Warung Soto yg harus disambangi ketika di Kediri, Soto Podjok. Soto yg dijual adalah soto ayam, di sini juga bisa dipesan tahu goreng khas Kediri. Harga satu mangkok soto 25rb, Tahu goreng 12rb. Kami makan berempat, habis 130rb sudah dgn minum dan kerupuk udang.




Di ruas jalan yg sama terdapat toko kopi original Kediri, yakni Berotoseno. Selain menjual kopi bubuk, kopi 3in1 di toko ini juga dijual kopi botol, seharga 5rb. Bisa juga minta diseduhkan kopi hitam panas dan kopi susu panas untuk dibawa (take away) ada juga kopi cup, minuman kopi siap minum dlm kemasan. Harga sebungkus kopi bubuk house blend 37rb, sedangkan 3in1 isi 5 sachet dijual 12rb.



Malam hari jam 21.30 atau selepas toko2 tutup, di sepanjang jalan Dhoho ini juga banyak terdapat lesehan, dengan menu nasi pecel, pecel tumpang, lodeh goreng. Bahkan ada Tiwul goreng. Harga seporsi nasi pecel tumpang lengkap dgn peyek rebon 12rb saja




0 comments: