Piknik dan Jajan di Cirebon

14.13.00 Unknown 0 Comments

Cirebon, apalagi setelah dibukanya tol Cipali, diprediksi menjadi salah satu tujuan wisata akhir pekan warga Jabotabek. Dengan waktu tempuh kurang dari tiga jam, - kalo ga macet Cirebon cukup seksi untuk piknik dan jajan.


Sebetulnya sebelum ada tol Cipali pun cukup banyak yang jajan dan pikni di Cirebon dengan kereta api. Setasiun Cirebon cukup sibuk pada Jumat malam dan Sabtu pagi dengan penumpang kereta Argo Jati maupun Cirebon Ekspres.

Banyak yang ditawarkan Cirebon, mulai dari wisat belanja Batik Trusmi, wisata sejarah dan budaya di keraton, gua Sunyaragi maupun makam Sunan Gunung Jati.

Pilihan hotel pun beraga di Cirebon,  termasuk group hotel berskala nasional maupun internasional.

Salah satu pilihan kami sekeluarga adalah Santika Cirebon. Dari Santika Hotel Cirebon ini, udah gampang banget mau kemana-mana di Cirebon karena lokasinya yang strategis.



Hal lain yang kami sukai di Santika Cirebon ini adalah kolam renangnya yang jernih tanpa berbau kaporit dan dasarnya cantik sekali, kita bisa berpose underwater dengan ciamik.




Dan tentunya yang menjadi keunggulan Santika Group adalah buffet  breakfast nya yang lengkap beragam dan enak





Raafi malah dapet birthday surprise cake waktu itu, terimakasih kakak ganteng Chicko @Gembrit.





Cirebon juga punya wisata air panas lho. Bukan. Bukan Sangkan Hurip, itu kan sudah masuk Kuningan, ini di Cirebon, tepatnya di Palimanan, yakni di area Pabrik Semen Tiga Roda.


Meski berada di kawasan pabrik semen, bukan berarti air panas di sini adalah limbah. Tega bener deh. Ini aiir panas alami belerang bersuhu 60 derajat, dari pusat mata airnya dialirkan ke sungai kecil (parit) dimana banyak orang sekedar berendam atau mandi.



Air panas ini juga dialirkan dan ditampung ke kolam renang besar, sehingga lebih nyaman, hanya perlu membayar lagi untuk masuk ke kolam renang ini. Air panas yang mengalir ke kolam suhunya pun sudah lebih dingin. Tapi dengan udara Cirebon yang panas, waktu paling tepat berkunjung ke banyu panas Palimanan adalah saat hujan atau sore hari. Fasilitas ini tutup pukul 6 sore.


Selain piknik, hal yang bisa dilakukan di Cirebon tentunya adalah jajan.

Bicara jajan Cirebon, tentunya kita mulai dengan empal gentong. Empal Gentong ini adalah soto khas Cirebon. Potongan daging dan jeroan sapi dalam kuah santan kuning dengan taburan daun bawang. Dimakan dengan cabai bubuk dan puluhan lontong atau nasi.

Sebagai makanan khas Cirebon tentunya tidak sulit menemukan empal gentong, dari yang tanpa merek, sampai yang merek terkenal seperti Mang Darma. Tapi kami paling suka sih Empal Gentong Haji Apud di jln. Ir. H Djuanda.


Varian lain dari soto Cirebon adalah Empal Asem. Yakni daging dan jeroan sapi dalam kuah bening asem segar.



Menu segar lainnya di Cirebon adalah Nasi Lengko. Nasi Lengko adalah nasi puti, tempe goreng, tahu goreng, mentimun cacah, tauge rebus, daun kucai disiram bumbu kacang.



Lanjut lagi, katanya belum ke Cirebon kalo belum makan nasi Jamblang, Nasi Jamblang ini bukannasi pake lauk buah jamblang (juwet kalo orang Surabaya bilang) Nasi Jamblang adalah Nasi sekepal beralas daun jati dengan berbagai lauk.




Ada banyak sekali tempat makan nasi Jamblang di Cirebon, sebagian saya tuliskan di menimbang-nasi-jamblang


Sea food juga jadi andalan jajan Cirebon, salah satu yang populer adalah Sea Food H. Moel. Sea food di sini kualitasnya cukup baik, udangnya besar-besar, kepitingnya berdaging dan dimasak dengan enak

Ada juga tempat makan sea food dengan pemandangan. Tempatnya di bukit Gronggong, arah ke Kuningan, berdekatan dengan Restoran Kelapa Manis yakni Golden View.











Jajanan yang pasti aku beli kalo ke Cirebon adalah Mie Colot. Hehehe. Mie Colot itu bukan mie nya nyolot, ini merek dagang. Mie Colot menyediakan mie yamin yang enak banget. Mie nya halus, topingnya gurih.



Mie colot ada di jln. Pekalangan. Pesan mie yamin yang paling komplit. Ada mie, pangsit, tahu dan siomay.



Di Cirebon ada jajanan pengobat pengar terbaik. Kalo hangover atau mabuk perjalanan boleh dicoba penganan ini. Namanya bubur sop ayam. Bubur ayam disiram kuah sop ayam. Hangat dan segar.







Oh iya, kalo ke Cirebon, jangan lupa beli sirop Tjampolay. Kalo aku biasa beli di toko sembako (bukan toko oleh-oleh) Sirop Tjampolai di Cirebon sebotol 18 ribu, sampai Jakarta bisa 35 ribu.


0 comments: