Jajan Di Planet Bekasi

09.45.00 Unknown 0 Comments

Sejak tahun 1984 saya hijrah dari Jakarta menetap di Bekasi hingga kini, banyak cerita dan kesan terhadap kota berjulukan kota Patriot ini. Walau banyak orang membuat ledekan bahwa Bekasi terletak di Planet lain karena imbas dari macetnya tiap hari. Namun saya tetap aja bangga sama ini kota karena awal nyari duit juga di kota ini cuap-cuap sebagai penyiar radio.

Yang mau saya banggain dan ceritain ini tak lain adalah kuliner di kota Bekasi tentunya kuliner bukan nama besar franchise, jadi buat siapa saja yang mungkin gak sengaja atau sengaja terdampar di planet Bekasi boleh deh di coba kuliner yang saya rekomendasikan ini.

Yang pertama adalah GABUS PUCUNG Pak LUKMAN.

Gabus pucung adalah makanan khas kota Bekasi. Ikan gabus segar (bukan ikan asin) dimasak menggunakan keluwak, mungkin berictarasa mirip rawon.


Seiring waktu pedagang Gabus pucung saat ini di kota Bekasi sudah semakin langka hanya ada beberapa warung yang khusus menyajikan menu Gabus Pucung. Dan salah satunya yang masih bertahan adalah Gabus Pucung Pak Lukman di jalan Sudirman. 



Selain gabus pucung, Pak Lukman juga menyediakan pecak lele, bakwan udang yang berlimpah udangnya. Pak Lukman juga menyediakan sop daging, sementara di seksi sayuran, ada asinan Bekasi dan urap daun kencur  

Kedua, kebanggaan Bekasi : Sea Food Fitri .

Bekasi memang jauh dari pantai tapi jangan khawatir kalau mau makan Sefood atau aneka masakan laut karena ada warung seafood tergolong lejen yang namanya seafood Fitri. Pelanggannya bukan hanya dari kota bekasi aja tapi juga daerah tetangga disekeliling Bekasi.  

Seafood Fitri merupakan usaha keluarga asal Lamongan jadi bisa dibayangkan cita rasa pastinya tidak seperti chinesse food atau Makassar. Memang tidak beda dengan seafood lainnya disini menu yang tersedia menyajikan berbagai makan ikan bakar (kue, baronang, bawal), Kepiting, udang, kerang hijau dan darah yang dapat di rebus atau masak saus padang dan tiram dan kesemuanya itu diracik ala masakan khas Lamongan. 

      


Di seafood fitri saya sih menyarankan temen-temn untuk menjajal Kepiting Telur Goreng Mentega, karena pada masakan ini kita dapat merasakan sensasi kremes yang asin gurih dan chrunchy di lidah.   



Lokasinya dari jalan Haji Agus Salim ke arah Rumah Sakit Mekar Sari, Nah posisi seafood Fitri tidak jauh dari Rumah sakit tersebut dan datanglah diatas jam 4 sore hingga 10 malam.

Yang ketiga Nasi Uduk Bang Bule. 
    
Gagrak nasi uduk Bekasi, berbeda dengan nasi uduk Kebon Kacang. Jika nasi uduk Kebon Kacang adalah kering, dimakan bersama ayam goreng dan sambel kacang, maka nasi uduk Bekasi adalah nasi uduk "becek"

 Nasi uduk gurih, disiram kuah dengan bermacam toping, juga dilengkapi dengan sambal kacang


Yang ingin saya rekomendasikan adalah Nasi Uduk Bang Bule di pasar Proyek, Kota Bekasi. Mulanya Bang Bule berdagang bermodal meja kecil yang menumpang di depan toko, namun kini sudah memiliki warung sendiri.


Khas dari nasi uduk Bang Bule adalah toping utamanya Soun Kuah, acar timun dan sambal kacang rawit. Untuk pelengkap ada beberapa yang ditawarkan sesuai dengan keinginan kita seperti, dendeng sapi, sate kikil, telur dadar /pindang, perkedel, tahu, tempe dan aneka semur seperti : jengkol, kentang, daging dan tahu. 


Untuk menikmati nasi uduk Bang Bule harus malam hari karena dia baru buka setelah shalat Isya hingga tengah malam. 


Yang ke empat adalah Bubur Ayam Pagi Sore.


Bubur ayam Bekasi juga berbeda dengan bubur ayam Sukabumi atau Cirebon yang biasa kamu temui.  


Bubur ayam Bekasi memiliki tekstur yang lebih kering dan agak padat (bukan bubur cair seperti Bubur ayam Cikini). 


 Yang juga membedakan bubur ayam Bekasi dengan yang lainnya adalah topingnya. Selain suwiran ayam, bubur ayam Bekasi juga memakai irisan kentang rebus, acar timur dan ebi kering. Dilengkapi dengan kerupuk merah, seperti yang ada di soto Padang

      

Kalo mau nyoba bubur ayam Bekasi, sila datang ke Bubur Ayam Pagi Sore, yang juga berada di kawasan pasar proyek Bekasi.

Yang ke lima : Sop kambing Guntur Kumis

Jakarta punya sop kaki kambing Roxy, Bekasi untungnya juga punya tempat makan sop kaki kambing khas Betawi yang berkuah santan ini. Sehingga warga planet Bekasi ga harus jauh-jauh ke Jakarta.

Sop yang terdiri dari berisi, kaki dan jeroan kambing di Guntur Kumis yang berlokasi di Jln. Pekayon Raya ini saya rekomendasikan karena kesegarannya. Bahan-bahan yang segar dan berkualitas baik, tentunya menghasilkan makanan yang enak. 

Tidak ada bau prengus pada sop kambing Guntur Kumis ini

     


Masih ada tempat jajan lain di planet Bekasi yang akan saya ceritakan, nanti di bagian lain. Nantikan yah

0 comments: