Dare your challenge

15.07.00 Unknown 0 Comments

Berani? Yuk. Siapa takut?  Ini cerita petualanganku weekend lalu yang seru karena kali saya ikutan acaranya Majalah Pria, yakni Men”s Health Indonesia Travel Adventure 2016 bersama Yamaha Indonesia. Berpetualangan bukan milik pria atau anak muda saja. Karena buat saya, seorang ibu satu anak, ini adalah salah satu hobi.

Ini adalah acara tahunan Men’s Health Indonesia besama para pembacanya, kali ini dengan dukungan Yamaha Indonesia #MHITravelAdventure2016 kemballi diselenggarakan pada tanggal 9-10 April 2016 di Citarik, Sukabumi. Bersenang-senang di alam menggabungkan cycling, rafting, trekking, boot camp, out bond, gathering.

Perjalanan dimulai pada Sabtu pagi hari dengan menggunakan 3 mikro bus yang mengangkut sekitar 50 peserta. Jakarta – Sukabumi cuaca cerah, secerah wajah-wajah yang penasaran akan suguhan keseruan petualangan apakah yang akan kita dapatkan disana. Karena tagline acaranya aja cukup membuat antusias  yakni “Taklukan Tantangan Seru Di Alam Liar”

Hari belum begitu siang saat kami sampai ditempat tujuan yakni di kawasan operator wisata Alam “Arus Liar” Citarik, Sukabumi







Setelah makan siang ala Sunda kami diperkenalkan sosok dari Jepang yang terlihat Fashion Sport sekali.  Dari pandangan pertama saja saya sudah naksir berat dengan dia, Ganteng, kece dan gagah banget deh pokoknya.
Eits, jangan curiga dulu. Bukan saya naksir sama pria Jepang, tapi sama Yamaha XABRE (baca; seber)
Ya, di acara MEN'S HEALTH TRAVEL ADVENTURE 2016 ini kami beruntung boleh berkencan alias melakukan test drive motor baru keluaran Yamaha, yang di unveil oleh sang legenda hidup, Valentino Rossi di Bali baru-baru ini.




Sebagai mantan host acara Rubrik Otomotif, selama tiga tahun  di salah satu televisi swasta, naluri keingin tahuan saya terusik oleh sosok gagah didepan saya ini, Xabre yang namanya diambil dari filosofi desainnya yakni “ULTIMATE STREET FASHION SPORT” terinspirasi dari sebuah sabetan pedang cahaya (Light Saber) berkesan X-treme agresif, sangat sangat tajam dan modern.

Dengan teknologi mesin 150cc LC4V Fuel Injection, XABRE memiliki akselerasi atau tarikan yang cepat,  namun diklaim irit bahan bakar,  karena mesinnya SOHC dengan cylinder bore 57mm langkah piston 58,7mm jadi cocoklah buat kita yang tinggal diperkotaan padat yang tiap hari macet.  

Mesin berteknologi MotoGP ini sangat reliable (mempunyai daya tahan tinggi) karena teraplikasi DiASil Cylinder & Forged Piston dengan daya jelajah yang sangat jauh hingga ratusan ribu kilometer. Dikombinasikan dengan 6 Perpindahan kecepatan sehingga power dan tenaga yang dihasilkan sangat sempurna merefleksikan desain konsepnya yaitu : "Street Extreme Show Off Style, Confidence Riding Position, Fun Riding Performance"
Tangki bahan bakar yang pendek tapi tinggi dikombinasi Air Scoop yang membujur pendek dan bagian ekor yang pendek juga. Memberikan kesan kuat berotot sekaligus ringan dan lincah. Juga kesan padat yang terpusat bagian tengah. Sehingga posisi pengendara menjadi tegak, terlihat ramping dan berhasil menampilkan bagian mesin yang X-Treme Look.




Ekspresi karakter Xabre “Besar Padat” karena Cover Body yang kompak sehingga berkesan berotot &  bertenaga. Dan kesan sangat kuat dari tampilan USD (UpSide Down) suspensi depan (berdiameter inner tube 37mm).
 Ukuran mesin yang tepat bersinergi mampu menguatkan kesan “mudah digunakan”. Panjang body yang terlihat kompak, dari lampu depan ke lampu belakang panjangnya sangat ideal. Jarak antara head lamp dengan stang (steering axis) hanya 250mm  Posisi lampu belakang tepat sejajar dengan shaft roda belakang, hal ini mengesankan bagian ekor yang pendek. Hasilnya membuat kesan “padat dan terfokus kuat di bagian tengah”.
 Sementara bagian lain dibuat kesan “tipis”, seperti LED lampu depan, lampu belakang dan pengaplikasian "Compact Full digital LCD" dengan digital Instrument Cluster type Negative (Multi display information) dan tiga tingkat kecerahan, yang semakin memberi kesan “sangat tipis” dan sangat compact.

Posisi duduk Xabre yang tegak dengan stang lebar sangat nyaman untuk berkendara di jalan perkotaan yang padat tapi enak diajak bermanuver  X-Treme, lincah. Jadi ini bukan “motor nungging” yah, tren yang ditawarkan Xabre adalah “Experience drifting riding style”. Desain Fuel Tank dan Air Scoope-nya membuat tampilan pengendara tampak ramping, keren & membuat pengendara tampil percaya diri.

Berbasis mesin langkah panjang menghasilkan akselerasi/tarikan yang ideal.  Dipadukan Dengan USD (UpSide Down) suspensi depan dengan langkah kerja 130mm, Rangka DELTA BOX & Alumunium Die-Cast Swingarm menjadikan kombinasi yang sempurna dalam merubah arah bodi motor dengan cepat, stabil saat bermanuver (High Rigidity).

Didukung ban bertapak lebar (depan 110/70 belakang 130/70). Terlihat tampil garang dan lincah menembus padatnya lalu lintas kota dan jalan yang tidak beraspal.  Xabre memiliki “Weight Distribution (distribusi berat)” yang paling sempurna di kelasnya.




Setelah bergantian merasakan sensasi bersama Yamaha Xabre kegiatan selanjutnya melanjutkan perjalanan alam dengan motor tak bermesin alias bersepeda di perkebunan karet. Dengan peralatan safety lengkap yang diberikan kami semua menggowes sejauh kurang lebih 11km berjuang untuk sampai di finish melalui trek yang berbeda-beda dari tanah merah, tanah berbatuan, alang-alang yang hijau dan juga tak kalah berjuangannya ketika harus naik turun bukit.


Seperti halnya Rio Haryanto yang mempunyai targret finish di GP Bahrain, saya pun demikian. Syukur Alhamdullilah sampai finish dengan catatan dua kali jatuh dan luka-luka di mata kaki. Namun sakitnya gak seberapa dibandingkan keriaan yang saya dapati dan itung-itung mengakumulasi olahraga fisik yang belakangan jarang saya lakukan.

Usai bersepeda kita semua peserta MEN'S HEALTH TRAVEL ADVENTURE 2016  kami pun langsung menempati kamp penginapan berupa pendopo yang terbuat dari kayu di pinggir sungai yang mengalir yang terdengar beda sekali dengan hiruk pikuk kota yang  biasa kami dengar.


Letih bersepeda kami terbayar dengan suasana alam disekitar penginapan yang nyaman membuai kami. Malam hari di acara tersebut diisi dengan makan malam bersama, perkenalan, talkshow tentang Yamaha, dan permainan lucu  sayang cuaca hujan sehingga kami tidak bisa menyalakan api unggun, tatapi tetap bisa menikmati jagung bakar, sebelum beristirahat.


Minggu pagi, Sukabumi cuaca cerah setelah sarapan pagi kami semua melanjutkan agenda petualangan kami dengan aktifitas Tracking atau berjalan kaki sejauh sekitar 10km menjelajahi kebun karet yang hijau teduh dengan udara yang bersih tak bercampur polusi sesekali senyum penduduk sekitar menyapa kami saat berpapasan dengan mereka menambah perjalanan kami tidak terasa dan memberikan motivasi tersendiri.


Beberapa kawan-kawan peserta sempat jatuh terpeleset akibat tanah yang licin, becek sisa hujan semalam. Tapi kami tidak risau, karena sebentar lagi sisa-sisa becek dan tanah di sepatu maupun pakaian kami akan terbasuh air sungai Citarik.


Usai tracking saatnya rafting di sungai Citarik, dan menurut info petugasnya disana debit air cukup tinggi, sehingga petualangan kami diatas perahu karet menyusuri 5km sungai Citarik lebih seru jadi kita semua beruntung turun pada hari itu.


Setelah melakukan briefing arahan dan memakai perlengkapaan safety dari helm, jaket pelampung kamipun turun beregu tiap satu perahu diisi oleh 5 orang dan satu guide.


Buat saya berarung jeram bukan yang pertama kali karena ini hobi keluarga kami, dan kebetulan di sungai Citarik ini kali 2  saya menyusurinya, tapi tetap saja sensasi bermain air dan meloloskan diri dari jeram merupakan kesenangan yang dapat saya nikmati berulang kali.


Apalagi  sungai Citarik memiliki karakteristik kesulitan yang ideal untuk olah raga arung jeram karena banyaknya ‘jeram’ yang tergolong besar, dan lucunya jeram-jeram tersebut memiliki nama-nama yang unik.


Perjalanan menyusuri Sungai citarik  menyajikan  pemandangan alam yang pastinya memanjakan mata dengan pepohonan hijau rindang baik besar mapun kecil, juga kegembiraan saling menyiram dengan para peserta lain, kami bahkan melewati tempat kami menginap, sampai di finish kami disuguhi kelapa muda segar, lalu kami berbilas dan merapihkan diri, Untuk selanjutnya makan siang lalu  kembali ke Jakarta atau back to reality.


Pastinya majalah  MEN'S HEALTH tahun depan bakalan ngadain acara seperti ini lagi dan saya berharap diundang lagi *ngarep, Karena siapa sih yang nolak keseruaan  di alam bebas, dapat pengalaman baru dan yang terhingga adalah dapat teman-teman baru. Oke  MEN'S HEALTH INDONESIA sukses terus acara MEN'S HEALTH TRAVEL ADVENTURE tiap tahunnya. Dan terima kasih juga untuk Yamaha yang sudah mengizinkan kami mengenal dan mencoba Xabre



0 comments: