Untung ada Untung Jawa

14.06.00 Unknown 0 Comments

Hasrat piknik itu sering muncul tanpa mengenal waktu, dan ini sering menyerang saya. Pernah suatu hari serangan itu datang tiba-tiba saya pengen banget piknik ke laut tapi cuma punya waktu pendek sekali, satu hari kalau gak Sabtu ya Minggu. 

Ada laut paling deket ya pantai Ancol, tapi kebayang gak sih hari gini berenang di Ancol pasti udah kaya cendol.

Selain itu ada  pulau Bidadari yang sayangnya pricey tapi ga asik diberenangi. 

Pilihan ke pulau Untung Jawa mungkin pilihan yang paling mungkin. Karena selain dekat dari wilayah Jabodetabek, aksesnya mudah dan harga murah meriah
Perjalanan kami awali dari Bekasi menuju ke kampung Nelayan Tanjung pasir yang letaknya di Tangerang, Banten. Berjarak kurang lebih 34 KM atau 1,5 jam waktu tempuh. Sesampainya di sana cukup bayar restribusi parkir 10.000. dan kita meninggalkan mobil di parkiran yang cukup aman.

Selain jalur kami ini ada beberapa alternatif untuk menuju pulau Untung Jawa berdasarkan jarak perjalan kapal yakni selain Tanjung Pasir Tangerang yang jaraknya hanya 4,67 km, dari Muara Angke 16,9 km,  dari Ancol berjarak 20,5 km dan dari Muara kamal 12,5 km. 

Buat kami jalur Tanjung Pasir karena lebih dekat jadi gak bikin mabok laut hehehe. 

Di pantai Tanjung pasir banyak kapal yang bisa mengangkut kita menuju ke pulau Untung Jawa dengan harga Rp. 30.000/orang PP. Untuk pulang kita tak mesti harus memakai kapal yang kita naiki saat berangkat tapi bebas kapal mana saja yang pada saat itu kembali ke Tanjung Pasir. 

Naik kapal menuju ke Untung Jawa memang agak untung-untungan karena kalau beruntung kapal sudah cukup muatan dan kita langsung berangkat. Kalau kapal dalam konsisi kosong bisa-bisa kita menunggu penumpang lain hingga full bisa satu jam lebih.


Perjalanan kapal dari Tanjung Pasir menuju pulau Untung Jawa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Dengan pemandangan aktifitas nelayan dan burung laut yang bergerombol bisa kita lihat di antara bagan-bagan nelayan di tengah laut. 

Memang pada saat bernagkat air laut di Tanjung Pasir sedikit keruh dan kotor namun saat setengah perjalanan air tampak biru dan lebih terlihat bersih.

Di Dermaga Pulau Untung Jawa biasanya sudah ramai orang baik yang baru datang mapun yang akan pulang, juga beberapa operator jasa wisata yang menawarkan paket wisata selama kita di pulau Untung Jawa.

Pada saat kita masuk lebih dalam lagi ke Pulau Untung Jawa kita akan melihat beberapa pemukimam permanen dari penduduk Pulau tersebut yang biasanya mereka berbisnis makananan, penginapan, atau toilet atau tempat berbilas untuk wisatawan yang berenang di sana




Apa saja sih yang yang bisa kita lakukan di Pulau Untung Jawa? Wisata yang dapat Anda nikmati, antara lain berenang di pantai, banana boat, jetski, memancing, menjelajah hutan bakau, bersepeda mengelilingi pulau dan tentunya wisata andalan snorkling di beberapa pulau tetangga yang masih tergolong perawan karena tidak berpenghuni seperti pulau Rambut  dan lain lain. 

Semuanya itu dapat melalui beberapa operator yang menawarkan paket wisata dengan harga cukup terjangkau, cukup merogoh kocek limapuluh ribu rupiah per orang















Berwista ke laut tanpa makan seafood itu sama juga bohong kan? Di pulau Untung Jawa jangan khawatir karena disana ada pusat kuliner dimana kita bisa menyantap seafood lengkap yang ditawarkan sesuai dengan selera kita dengan harga yang murah.

Jangan kuatir, di pulau Untung Jawa tidak ada permainan harga, kita ga bakalan "digetok" karena mereka menyediakan daftar harga yang pasti. Selain itu mereka juga menyediakan paketan yang terdiri dari ikan bakar, udang dan cumi beserta nasi sambal dan lalapan, kita bisa menyantap makan siang kita lesehan di tepi pantai sambil menikmati keindahan laut pulau Untung Jawa.

Kita juga tidak perlu berkeliling untuk membandingkan harga makanan di sini, karena kelihatannya para pedagang di sini sudah punya kesepakatan harga. Jadi harganya nyaris seragam.




Harga paket seafood untuk berlima sekitar dua ratus ribu rupiah, cukup masuk akal kan dengan menu ikan bakar, udang dan cumi yang lezat.

Kalau gak punya waktu banyak tapi mau main air, mungkin ke pulau Untung Jawa solusinya, Tapi kalau masih punya waktu lebih kita juga bisa menginap disana, sudah tersedia banyak homestay nyaman. 

Kisaran harga sewanya antara seratus lima puluh ribu, hingga tiga ratus lima puluh ribu, tergantung fasilitas yang disediakan. 

0 comments: