Jajan Semarang

12.51.00 Unknown 0 Comments

Semarang, salah satu kota favorit saya meski juga merupakan salah satu kota dengan humidity tertinggi yang pernah saya datangi. Berada di kota Semarang kadang-kadang ibarat berada di sauna raksasa. Kita ga ngapa-ngapain keringat bercucuran sampe gobyos gobyos, padahal malam hari.



Bicara tentang Semarang kebanyakan kita akan bicara tentang Lawang Sewu, Simpang Lima ataupun Sam Po Kong. Tapi izinkan saya sekarang bercerita tentang jajan di Semarang



Kita mulai dari yg ringan aja yah, Soto Semarang. Bisa dimakan sbg sarapan, makan siang, ataupun snack. Soto Semarang adalah soto ayam, dengan tauge dan soun. Lebih banyak yg makannya nasinya dicampur. Versi lebih ringan dari Soto Kudus.

Soto Semarang biasanya dilengkapi dengan berbagai toping diantaranya : sate potongan ayam (biasanya yg di mangkok sedikit)juga sate kerang, telor puyuh, tempe garit.




Di Semarang sih ga susah cari soto yg enak, buanyak banget dan semua enak. Jadi ke Pak Man, Pak No, Pak Ran, enak semua.


Sekarang kita meningkat ke makanan yg agak berat, Sate Kambing.


Sate kambing Semarang, gagraknya beda dengan sate kambing Tegal ataupun Madura. Yang jual Sate Kambing Semarang biasanya Chinese, makanya warung sate kambing di Semarang, banyak di daerah Pecinan.


Sate Kambing Semarang ga cuma jual daging & ati. Ada juga ginjal. Sementara gulenya selain daging, ada balungan, otak, olor (sumsum).




Bumbu Sate Semarang cuma rajangan bawang, cabe diulek kasar, kecap dan jeruk nipis. 




Beberapa warung sate legendaris di Semarang antara lain Sate 29 (ini yg dikenal disebut depan Gereja Blenduk).Kalo favorit aku Sate Kapuran di daerah Jagalan. 





Daerah Pecinan Semarang memang surga buat jajan. Selain kawasan Simpang Lima tentunya. Di Pecinan rutin diadakan Semawis, semacam festival yg menutup satu ruas jalan untuk jajan jajan. 


Nah, di Pecinan ini ada dua es yang enak banget, dan musti kamu cobain kalo ke Semarang namanya Es Conglik & Es Marem. Es Conglik itu adalah es puter dengan macam2 rasa. Ada kelapa muda, lychee yang sering dibaca lenci oleh nonik Semarang dll.





Kalo es Marem itu es campur kayak gini, sedep, segar. 




Jajanan paling asik di Semarang itu pecel. Kenapa? Karena bumbu pecelnya diulek langsung di depan kita. Fresh dan personal. 


Kalo biasa kita makan pecel dimana2 kan penjualnya udah siapin bumbu pecel jadi, tinggal ditambah air. Nah ini enggak. Jadi bumbu pecelnya diulek dari awal, cabe, garam, terasi, kacang dll. Baru disiramkan diatas sayuran rebus. Kayak tukang gado2 di Jakarta gitu deh. 




Kita juga bisa pesen yg versi tanpa kacang. Sambel segar dituang diatas sayuran rebus. Dan simbok penjualnya biasanya membawa serta banyak toping untuk menemani pecel. Mie goreng, uci2 (bakwan) sate keong dll. 


Ada banyak kok dan tersebar di seantero Semarang, simbok tukang pecel ini.  


Kalo bandeng, buat oleh2 banyak banget tuh tokonya di Padanaran. Di depannya ada tukang lumpia & kalo lagi musim : Jambu. 


Di salah satu toko oleh2 bandeng di Pandaran itu kita bisa makan juga. Menunya ya tentu saja bandeng. 




Kalo ke Semarang, selain nasi ayam yg sangat populer dan pasti ada di setiap tempat jajan, kamu juga harus makan sea food. Tapi saya mau cerita Sea Food di depot makan Rezeki di Puspowarno raya no 54. 


Menu andalan di depot Rezeki ini adalah kepiting bumbu gemes. Di Depot Rezeki ini jaminan kita bakal dapet kepiting segar, yg berdaging dan penuh telurnya (kalo pilih kepiting telur). 




Walaupun bumbu gemesnya keliatan medok, tapi sama sekali ga over powering rasa kepitingnya yg manis. Balance nya pas. 


Selain kepiting, krn ini depot makan Sea Food dan ada di Semarang, tentulah mereka menyajikan bandeng. 


Bandeng keropok di Depot Rezeki enak banget deh. Malahan saya lebih jagoin drpd yg di toko bandeng Padanaran. Bandeng segar tanpa duri, digoreng kering, disiram sambal yg pedas manis segar, agak susah bikin nasi ga cepat2 habis. 




Serimping ada juga di Depot Rezeki, kesukaan saya goreng bawang putih. 




Ini mungkin ga masuk kategori sayur, tapi aku pesen jagung tumis teri sebagai sayur kalo makan di Depot Rezeki. 




Depot Sea food Rezeki, jln. Puspowarno Raya no 54. Telp +62247604913. 


Jajanan lain dari Semarang adalah Brillian cake dari ini kue enak. Udah. Ga perlu di elaborasi lagi. Di Bandara juga ada outletnya loh.



0 comments: